Kamis, 17 Februari 2011

RASA INGIN TAHU

Manusia merupakan Makhluk yang sangat spesial. Kenapa bisa begitu? Karena Manusia diberkahi akal dan pikiran sehingga di diri manusia itu timbullah rasa ingin tahu dan dilengkapi untuk mengakomodasi rasa ingin tahu tersebut. Manusia juga merupakan makhluk yang mampu belajar dari apa yg diterima panca indera secara terus menerus, karena itu manusia selalu belajar secara terus menerus.

Perkembangan cara berpikir manusia selalu berkembang sejalan dengan pertumbuhan hidup manusia dan waktu dimana Dia tumbuh, oleh karena itulah cara berpikir di zaman dahulu dan sekarang, zaman waktu perang dan waktu tidak perang, dari satu wilayah dengan wilayah lainnya pasti akan berbeda. walau begitu akan ada kesamaan di dalam proses berpikirnya.

Ketika zaman purba kala, manusia berpikir dan belajar menggunakan semua yang ada disekitarnya untuk keperluan bertahan hidup dan berlindung. Metode belajar mereka juga masih terbilang sederhana dengan "mengamati" sekeliling mereka dan kemudian mencoba langsung hal-hal baru. Seiring dengan berlalunya waktu, pola pikir manusia pun ada peningkatan. Manusia sudah mengerti bagaimana cara untuk bertahan hidup, manusia mulai mengamati berbagai macam fenomena alam yang terjadi di dunia dan juga mengamati apa saja yang ada di angkasa yang luas. Hanya saja akal manusia tidak dapat mengerti dan mencari tahu kebenaran dari fenomena tersebut sehingga manusia berusaha menghubung-hubungkan kejadian tersebut sebagai perbuatan dari sesuatu yang memiliki kekuatan misterius yang dahsyat dan ini merupakan awal mula dari legenda atau mitos.

Lalu di abad pertengahan merupakan awal mula dari pengetahuan yang sebenarnya menurut saya, karena manusia mulai bisa mencari tahu dan membuktikan fenomena fenomena alam yang terbentuk selain itu pada zaman ini kemungkinan manusia mulai berpikir secara logis yang mulai mematahkan berbagai mitos-mitos yang ada pada saat itu. Setelah itu, manusia dengan rasa ingin tahunya mulai mencari tahu semua rahasia yang ada di dunia ini dan kemudian berkembang ke untuk mencari tahu apa yang ada di alam semesta ini.

Perkembangan ilmu pengetahuan saat ini pun ada karena rasa ingin tahu manusia yang cukup besar sehingga manusia terus belajar dan terus mengamati apa yang ada di dunia ini. Sampai Saat ini, manusia telah membangun kehidupan yang lebih baik. Manusia telah masuk ke dunia tekhnologi. Dunia ini pun sekarang sudah terasa "tidak" terlalu luas untuk dijelajahi lagi dan penyebaran informasi pun sudah sangat mudah untuk disebarkan. Tapi manusia tidak pernah berhenti belajar, karena memang manusia diberikan akal dan pikiran yang menyebabkan selalu ingin tahu dan oleh karena rasa ingin tahu itulah manusia akan terus belajar hingga akhir waktu nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar